ADAB BUANG HAJAT

Kamis, 10 Desember 2009
Oleh: Abu Abdillah Al-Atsary


Suatu ketika Salman Al-Farisi pernah ditanya oleh seorang musyrik: Apakah benar Nabi kalian mengajarkan perkara-perkara dien ini hingga adab buang hajat? Salman menjawab dengan tegas: Benar! Beliau melarang kita istinja dengan tangan kanan, dan melarang kita untuk menghadap kiblat. Sebuah hadits yang agung menggambarkan betapa sempurnanya agama islam ini, tidak hanya menjelaskan perkara-perkara yang besar dan urgen, namun juga perkara yang sering disepelekan oleh kebanyakan orang yaitu adab buang hajat. Berikut ini kelanjutan dari rantaian adab-adab islam yang coba kami kupas, semoga bermanfaat..

ADAB BUANG HAJAT

1. Tidak disembarang tempat
Membung hajat disembarang tempat, tidak hanya mengotori dan mengganggu orang lain namun juga menyebabkan pelakunya mendapat la’nat, Allah berfirman:
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُّبِينًا
Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min dan mu’minat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan yang nyata. (QS. Al-Ahzab: 58).
Rosulullah bersabda:
اِتَّقُوْا اْللَّعَانَيْنِ, قَالُوْا: وَمَا اْللَّعَانَانِ يَا رَسُوْلَ الله ِ؟ قَالَ: الَّذِيْ يَتَخَلَّى فِيْ طَرِيْقِ اْلنَّاسِ أَوْ فِيْ ظِلِّهِمْ
"Takutlah kalian dari dua perkara yang menyebabkan pelakunya mendapat la’nat, para sahabat bertanya: Apa dua perkara itu wahai rosulullah? Rasulullah menjawab: Yaitu orang yang buang hajat ditempat-tempat yang dilalui manusia dan tempat perteduhan mereka".HR. Muslim(269), Abu Dawud(25), Ahmad(8636).
Berkata Syaroful Haq ‘Adzim Abadi: “Hadits ini menunjukkan haromnya buang hajat di jalan-jalan yang dilalui oleh manusia atau tempat perteduhan mereka, karena orang yang lewat akan merasa jijik dan terganggu dengan najisnya”. (Aunul Ma’bud 1/31).

2.Larangan kencing pada air yang tenang
Berdasarkan hadits:
لاَ يَبُوْلَنَّ أََحَدُكُمْ فِيْ اْلمَاءِ اْلَّدَائِمِ الَّذِيْ لاَ يَجْرِى
Janganlah kalian kencing pada air yang tenang lagi tidak mengalir. (Bukhori 239 dan Muslim 282).
Imam Nawawi berkata: “Jika airnya banyak dan mengalir maka tidaklah diharamkan kencing didalamnya,akan tetapi menjauhinya lebih utama”.(Syarah Shohih Muslim 3/523).

3. Tidak membawa sesuatu yang bertuliskan nama Allah
Yang demikian sebagai bentuk pemuliaan dan penjagaan nama Allah dari penghinaan, karena itu tidaklah layak bagi seorang muslim ketika buang hajat membawa sesuatu yang bertuliskan lafadz Allah, kecuali karena dhorurat. Adapun mushaf Al-qur’an tidak diragukan lagi larangannya untuk dibawa ketika buang hajat, dan inilah pendapat ahlu ‘ilmi.( Lihat Syarah Mumti’ 1/91).
Perhatian: Hadits yang menjelaskan bahwasanya Nabi apabila buang hajat beliau melepas cincinnya yang bertuliskan lafadz Allah, hadits ini adalah dho’if, riwayat Abu Dawud (19), dan dia berkata: “Ini adalah hadits munkar”, Tirmidzi (1746), (47-Syamail), Ibnu Majah (303),Nasa’i (5210), dan dia berkata: “Hadits ini ‘Ghoiru Mahfudz”’ (Syadz-pent),Baihaqi (1/95), Hakim (1/187), Ibnu Hibban (1413), Qurthubi dalam Tafsirnya (10/88), Imam Nawawi berkata: “Hadits ini ditolak keabsahannya!”( At-Talkhis 1/160). Al-Albani berkata: “Apa yang dikatakan Abu Dawud adalah benar, karena jumhur ‘ulama telah mendho’ifkan hadits ini”, lihat Al-Misykah (343), Mukhtasor Syamail Muhammadiyah(75).

4. Masuk dengan mendahulukan kaki kiri dan berdo’a
Berdasarkan hadits:
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ اْلنَّبِيُّ يُعْجِبُهُ اْلتَّيَمُنُ فِيْ تَنَعُّلِهِ وَ تَرَجُّلِهِ وَ طُهُوْرِهِ وَ فِيْ شَأْنِهِ كُلِّهِ
"Dari ‘Aisyah dia berkata: Adalah rosulullah mencintai untuk mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, bersisir, bersuci dan pada perkara mulia lainnya".HR. Bukhori(168), Ahmad(6/187).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: "Telah tetap dalam kaidah syar’i bahwa perbuatan yang didalamnya mungkin untuk dilakukan antara kanan dan kiri, maka hendaklah mendahulukan yang kanan pada perkara-perkara yang baik dan mulia semisal: memakai sandal, masuk masjid, keluar WC dan lainnya, adapun perkara-perkara yang hina dan kotor seperti: masuk WC, keluar masjid, melepas sandal maka hendaklah kaki kiri didahulukan".(Majmu Fatawa 21/109).
Kemudian berdo’a:
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ اْلخُبُثِ وَ اْلخَبَائِثِ
Yaa Allah… Aku berlindung kepada-Mu dari gangguan Syaithon laki-laki dan Syaithon perempuan.HR. Bukhori(142), Muslim(375).
Ibnu Batthol berkata: “Do’a ini tidak hanya dibaca pada tempat-tempat buang hajat( semisal kakus, jamban-pent) namun juga pada tempat-tempat lainnya”. (semisal tanah lapang, kebun -pent) . (lihat Subulussalam 1/154).

5. Larangan menghadap kiblat
Dalam masalah ini ada beberapa hadits yang menjelaskan,
a)  Hadits Abu Ayyub Al-Anshori, bahwasanya rosulullah bersabda:
إِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ اْلغَائِطَ فَلاَ يَسْتَقْبِلِ اْلقِبْلَةَ وَلاَ يُوَلِّهَا ظَهْرَهُ
Apabila salah seorang diantara kalian buang hajat, maka janganlah ia menghadap kiblat atau membelakanginya! HR. Bukhori(144), Muslim(264).

2. Dari Jabir Bin Abdullah dia berkata:
نَهَى اْلنَّبِيُّ أَنْ نَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ بِبَوْلٍ فَرَأَيْتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْبَضَ بِعَامٍ يَسْتَقْبِلُهَا
Nabi melarang kami menghadap kiblat ketika buang hajat, akan tetapi aku melihatnya menghadap kiblat setahun sebelum wafatnya. HR. Tirmidzi(9), Abu Dawud(13), Ibnu Majah(325), Ibnu Khuzaimah (58), Ahmad(5/515), Ibnu Hibban(1320), Ibnu Jarud(31), dihasankan oleh Al-Albani dalam shohih sunan Abu Dawud.

3. Hadits Abdullah Bin ‘Umar dia berkata:
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: إِنَّ نَاسًا يَقُوْلُوْنَ إِذَا قَعَدْتَ عَلىَ حَاجَتِكَ فَلاَ تَسْتَقْبِلِ اْلقِبْلَةَ وَلاَ بَيْتَ اْلمَقْدِسِ فَقَالَ عَبْدُ اللهِ بْنِ عُمَرَ : لَقَدْ اِرْتَقَيْتُ يَوْمًا عَلىَ بَيْتٍ لَنَا فَرَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ عَلىَ لَبِيْنَتَيْنِ مُسْتَقْبِلاً بَيْتَ اْلمَقْدِسِ
Sesungguhnya manusia berkata; apabila buang hajat janganlah menghadap kiblat atau baitul maqdis, padahal suatu hari aku pernah naik rumah saudara perempuanku(Hafshoh), dan aku melihat rosulullah buang hajat dengan menghadap Baitul Maqdis. HR. Bukhori(145), Muslim(266).
Hadits-hadits diatas nampaknya bertentangan satu sama lain, karena itu para ‘ulama berselisih tajam dalam masalah ini, apakah hukum menghadap kiblat dan membelakanginya ketika buang hajat bersifat mutlak, baik pada bangunan maupun tanah lapang??!. Hadits Abu Ayyub berfaidah larangan menghadap kiblat dan membelakanginya secara mutlak, sedangkan hadits Jabir menjelaskan bahwa akhir perkara rosulullah menunjukkan bolehnya menghadap kiblat, sementara hadits Abdullah Bin ‘umar menunjukkan bolehnya membelakangi kiblat tidak menghadapnya pada bangunan atau yang semisalnya. Yang benar dalam masalah ini, adalah pendapat jumhur ‘ulama yang mengkompromikan dali-dalil yang ada, bahwa menghadap kiblat dan membelakanginya dilarang pada tanah lapang atau tempat yang tidak ada penutup dan pembatasnya, adapun pada bangunan atau tempat yang ada penutup dan pembatasnya maka dibolehkan. Inilah pendapat yang dipilih oleh Al-‘Abbas bin Abdul Mutholib, Abdullah Bin ‘Umar, Sya’bi, Ishaq Bin Rohawaih, Imam Malik dan Syafi’i.(Lihat Syarah Shohih Muslim 2/497). Juga pendapat para ‘Ulama lainnya seperti Imam Nawawi dalam Majmu’ Syarah Muhadzzab (2/93), Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (1/323), Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni (1/221), As-Shon’ani dalam Subulus Salam (1/162), Syaikh Ibnu Baz dalam fatawanya(10/35), dan Lajnah Daimah (5/95, no.4480). Wallahu ‘Alam.

6. Menjaga aurot
Berkata Imam Ibnu qudamah: “Disukai untuk menutup aurot ketika buang hajat, jika ia mendapati kebun, rerimbunan, pohon atau lainnya hendaklah ia menutup diri dengannya, jika tidak maka hendaklah ia menjauh hingga tidak dilihat seorangpun”. (Al-Mughni 1/222).
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ جَعْفَرَ قَالَ: أَرْدَفَنِيْ رَسُوْلُ اللهِ ذَاتَ يَوْمٍ خَلْفَهُ فَأَسَرَّ إِلَيَّ حَدِيْثًا لاَ أُحَدِّثُ بِهِ أَحَدًا مِنَ اْلنَّاسِ وَ كَانَ أَحَبَّ مَا اسْتَتَرَ بِهِ رَسُوْلُ اللهِ لِحَاجَتِهِ هَدَفٌ أَوْ حَائِشُ نَخْلٍ
Dari ‘Abdullah Bin Ja’far dia berkata: Rosulullah pernah memboncengku pada suatu hari, dan beliau menceritakanku sebuah hadits yang tidak aku ceritakan kepada seorangpun, bahwasanya beliau paling suka untuk menjaga ‘aurot ketika buang hajat dengan pergi ketempat yang tinggi atau yang sepi. HR. Muslim(342), Abu Dawud(2549), Ibnu Majah(340).
Juga berdasarkan hadits:
عَنْ اْلمُغِيْرَةَ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ اْلنَبِيَّ كَانَ إِذَا ذَهَبَ اْلمَذْهَبَ أَبْعَدَ
Dari Mughiroh Bin Syu’bah dia berkata: Adalah rosulullah apabila buang hajat, menjauh ketempat yang sepi. HR.Abu Dawud(1), Tirmidzi(20), Ibnu Majah(331), Nasa’i(17), Darimi(666). Al-Albani menghasankannya dalan As-Shohihah (1159).
Imam Nawawi berkata: "Didalam hadits terdapat anjuran untuk menjaga ‘aurat ketika buang hajat, baik di tempat sepi, terlindung atau yang lainnya, yang dapat menutupi dari pandangan orang". (Syarah Shohih Muslim 3/29).

7. Kencing berdiri?
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ اْلنَّبِيَّ كَانَ يَبُوْلُ قَائِمًا فَلاَ تُصَدِّقُوْهُ , مَا كَانَ يَبُوْلُ إِلاَّ قَائِدًا
Dari ‘Aisyah dia berkata: Barang siapa yang menceritakan kalian bahwasanya Nabi kencing berdiri janganlah dipercaya! Tidaklah Nabi kencing kecuali dengan duduk. HR. Tirmidzi(12), Nasa’i(29), Ibnu Majah(307), Ahmad(6/192). Dishohihkan oleh Al-Albani dalam As-Shohihah (201).
Hudzaifah Bin Yaman berkata:
عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ اْليَمَانِ قَالَ: كُنْتُ مَعَ اْلنَّبِيِّ فَانْتَهَى إِلىَ سُبَاطَةِ قَوْمٍ فَبَالَ قَائِمًا
Aku pernah pergi bersama Nabi, kemudian beliau berhenti pada suatu tempat dan kencing dengan berdiri. HR. Bukhori(226), Muslim(273).
Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: Yang dzhohir bahwa perbuatan nabi diatas menunjukkan bolehnya hal itu, sekalipun beliau paling sering kencing dengan duduk, adapun perkataan ‘Aisyah hanya sebatas pengetahuannya didalam rumah, yang dia tidak tahu pada selainnya. (Fathul Bari 1/430).
Kesimpulannya: kencing dengan berdiri atau duduk dibolehkan, yang terpenting adalah aman dari percikan air kencingnya. ( lihat As-Shohihah 1/393)
Perhatian: hadits yang berbunyi:
عَنْ عُمَرَ قَالَ: رَاّنِيْ اْلنَّبِيُّ وَ أَناَ أَبُوْلُ قَائِمًا, فَقَالَ: يَا عُمَرُ لاَ تَبُلْ قَائِمًا! فَمَا بُلْتُ قَائِمًا بَعْدُ
Dari Umar dia berkata: Nabi melihatku kencing dengan berdiri maka beliaupun menegurku seraya berkata: Hai ‘Umar janganlah kamu kencing dengan berdiri! HR.Tirmidzi(12), Ibnu Majah(308), Ibnu Hibban(135), Baihaqi(1/102). Ini adalah hadits yang dho’if, didho’ifkan oleh Tirmidzi dalam sunannya(12), Al-Albani dalam Ad-Dho’ifah (934).

8. Larangan menggunakan tangan kanan
Imam Ibnu Qoyyim berkata: "Adalah Nabi Istinja dan Istijmar dengan tangan kirinya".(Zaadul Ma’ad 1/166).
عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنِ اْلنَّبِيِّ قَالَ: إِذَا بَالَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَأْخُذَنَّ ذَكَرَهُ بِيَمِيْنِهِ وَلاَ يَسْتَنْجِيْ بِيَمِيْنِهِ
Dari Abu Qotadah dari bapaknya bahwasanya rosulullah bersabda: Apabila salah seorang diatara kalian kencing maka janganlah ia memegang kemaluannya dan beristinja dengan tangan kanannya. HR. Bukhori(154), Muslim(267).
Imam Nawawi berkata: "‘Ulama bersepakat atas haramnya beristinja dengan tangan kanan". (Syarah Shohih Muslim 2/498).

9. Istinja
Istinja adalah bersuci dengan menggunakan air, batu atau yang lainnya. hal ini wajib dilakukan untuk mensucikan segala sesuatu yang keluar dari dua jalan(seperti air kencing, berak, madzi-pent).Lihat Al-Mughni 1/206, Majmu’ Syarah Muhadzzab 2/110. Adapun dalil istinja dengan air, berdasarkan hadits:
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ يَقُوْلُ: كَانَ اْلنَّبِيُّ إِذَا خَرَجَ لِحَاجَتِهِ أَجِيْءُ أَناَ وَ غُلاَمٌ مَعَناَ إِدَاوَةٌ مِنْ مَاءٍ

Dari Anas Bin Malik dia berkata: Adalah Nabi apabila hendak buang hajat, maka aku dan seorang anak sebayaku membawakan seember air untuknya.HR. Bukhori(150).
Imam Asy-Saukani berkata: "Hadits ini menunjukkan tetapnya istinja dengan air" (Nailul Author 1/96, lihat pula Al-Mugni 1/208).

10. Istijmar
Termasuk keindahan agama islam, bahwasanya agama ini datang dengan membawa kemudahan dan menghilangkan kesukaran, Allah berfirman:
يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ
Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.
QS. Al-Baqoroh: 185.
Diantara kemudahan tersebut adalah bolehnya bersuci dengan menggunakan air, batu,daun atau selainnya. Adapun Istijmar adalah bersuci dengan menggunakan batu. Orang yang akan beristijmar hendaklah ia menjauhi tulang dan kotoran, berdasarkan hadits:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: اِتَّبَعْتُ اْلنَّبِيَّ وَ خَرَجَ لِحَاجَتِهِ فَكَانَ لاَ يَلْتَفِتُ فَدَنَوْتُ مِنْهُ فَقَالَ: اِبْغِنِيْ أَحْجَارًا أَسْتَنْفِضُ بِهَا وَ لا َتَأْتِنِيْ بِعَظَمٍ وَ لاَ رَوْثٍ فَأَتَيْتُهُ بِأَحْجَارٍبِطَرْفِ ثِيَابِيْ فَوَضَعْتُهَا إِلىَ جَنْبِهِ وَ أَعْرَضْتُ عَنْهُ فَلَمَّا قَضَى أَتْبَعَهُ بِهِنَّ
Dari Abu Hurairoh dia berkata: Suatu ketika aku pernah berjalan dibelakang Rosulullah tatkala ia hendak buang hajat, maka beliaupun berkata: Carikanlah untukku beberapa batu yang aku dapat bersuci dengannya! Dan janganlah engkau memberiku tulang atau kotoran, maka akupun memberinya beberapa batu dengan ujung bajuku, yang aku letakkan disisinya, tatkala aku berpaling maka rosulullahpun memakai batu-batu tersebut. HR. bukhori(155).

10. Sunnahnya istijmar dengan bilangan ganjil
Berdasarkan hadits:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ اْلنَّبِيِّ قَالَ: إِذَا اسْتَجْمَرَ أََحَدُكُمْ فَلْيَسْتَجْمِرْ وِتْرًا
Dari Abu Hurairoh bahwasanya rosulullah bersabda: “Apabila salah seorang diantara kalian istijmar maka istijmarlah dengan bilangan yang ganjil”.HR. Bukhori(161), Muslim(237),dan ini lafadznya. Dan hendaklah bilangan tersebut tidak kurang dari tiga, berdasarkan hadits:
عَنْ سَلْمَانَ قَالَ: قِيْلَ لَهُ : قَدْ عَلَّمَكُمْ كُلَّ شَيْءٍ حَتَّى اْلخِرَاءَةَ قَالَ: أَجَلْ! لَقَدْ نَهَانَا أَنْ نَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ لِغَائِطٍ أَوْ بَوْلٍ أَوْ اَنْ نَسْتَنْجِيَ بِاْليَمِيْنِ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِأَقَلَّ مِنْ ثَلاَثَةِ أَحْجَارٍ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِرَجِيْعٍ أَوْ بِعَظْمٍ
Dari Salman bahwasanya dia ditanya seorang musyrik: “Apakah Nabi kalian mengajarkan segala sesuatu hingga adab buang hajat?” Salman menjawab: “Ya! Sungguh beliau melarang kami ketika buang hajat untuk menghadap kiblat, istinja dengan tangan kanan, istinja kurang dari tiga batu, istinja dengan kotoran atau tulang”.HR. Muslim(262), Tirmidzi(16), Abu Dawud(7), Ibnu Majah(316).
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Berdasarkan hadits ini Imam Syafi’i, Ahmad, dan Ahli hadits mensyaratkan bahwa istijmar tidak boleh kurang dari tiga, dengan tetap menjaga kebersihannya, bila kurang bersih boleh lebih dari tiga dan disunnahkan ganjil.(Fathul Bari 1/336 lihat pula Al-mughni 1/209, Majmu’Syarah Muhadzzab 2/120 Tuhfatul Ahwadzi 1/67).

11. Dibencinya berbicara ketika buang hajat
Berdasarkan hadits:
عَنْ عَبْدِ الله ِبْنِ عُمَرَ أََنَّ رَجُلا ًمَرَّ وَ رَسُوْلُ اللهِ يَبُوْلُ فَسَلَّمَ , فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ
Dari Abdullah Bin ‘Umar dia berkata: Adalah seorang laki-laki memberi salam kepada Rosulullah tatkala beliau kencing, maka beliaupun tidak menjawabnya. HR. Muslim(370), Abu Dawud(16), Tirmidzi(90), Nasa’i(37), Ibnu Majah(353), Lihat Al-Irwa(54). Berkata Imam Nawawi: “Didalam hadits ini terdapat faidah bahwasanya seorang muslim yang sedang buang hajat tidak wajib menjawab salam, dan faidah yang lain adalah dibencinya berbicara ketika buang hajat terkecuali ketika terpaksa”.(Syarah Shohih Muslim 3/51).

12. Do’a keluar WC
Ketika selesai buang hajat, hendaklah keluar dengan mendahulukan kaki kanan seraya berdo’a:
غُفْرَانَكَ
Yaa… Allah aku mohon ampunan-Mu. HR.Tirmidzi(7), Abu Dawud(30), Ibnu Majah(300), Ahmad(24694), Ibnu Sunni dalam Amal Yaum Wa Lailah (23), Hakim (1/158), Baihaqi(1/97), di shohihkan oleh Al-Albani dalam Al-Irwa(52).
Demikianlah pembahasan kali ini, semoga Allah menjadikannya ikhlas mengharap wajah-Nya dan bermanfaat bagi kita semua. Amiin. Wallahu ‘Alam


Baca juga yang ini: Larangan Isbal

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kasih Komentarnya:

Ikuti kajian rutin MANHAJUS SALIKIN setiap Jum'at bersama al-Ustadz Abu Abdillah Syahrul Fatwa Download pengajian Jum'at ini dengan judul "Sholat Jum'at (1)"