Asyuro adalah hari kesepuluh pada bulan Muharrom (Syarah Shohih Muslim 8/12, Fathul Bari, Ibnu Hajar 4/671, Mukhtashor Shohih Muslim, al-Mundziri hal. 163-Tahqiq al-Albani, al-Mughni 4/441, Subulus Salam, as-Shon`ani 2/671). Dia adalah hari yang mulia menyimpan sejarah yang mendalam, tak bisa dilupakan.
Ibnu Abbas berkata:
“Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati oran g-orang Yahudi sedang berpuasa `Asyuro. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “Hari ini adalah hari yang baik, hari dimana Alloh telah menyelamatkan Bani Isroil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Alloh. Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian”. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa. [HR. Bukhori: 2004, Muslim: 1130]
Nabi dalam berpuasa `Asyuro mengalami empat fase;[Lathoiful Ma`arif hal.102-107]
Fase pertama: Beliau berpuasa di Mekkah dan tidak memerintahkan manusia untuk berpuasa. `Aisyah menuturkan: “Dahulu oran g Quraisy berpuasa `Asyuro pada masa jahiliyyah. Dan Nabi pun berpuasa `Asyuro pada masa jahiliyyah. Tatkala beliau hijrah ke Madinah, beliau tetap puasa `Asyuro dan memerintahkan manusia juga untuk berpuasa. Ketika puasa Ramadhon telah diwajibkan, beliau berkata: “Bagi yang hendak puasa silahkan, bagi yang tidak puasa, juga tidak mengapa”. [HR. Bukhori: 2002, Muslim: 1125]
Fase kedua: Tatkala beliau datang di Madinah dan mengetahui bahwa oran g Yahudi puasa `Asyuro, beliau juga berpuasa dan memerintahkan manusia agar puasa. Sebagaimana keterangan Ibnu Abbas dimuka. Bahkan Rosululloh menguatkan perintahnya dan sangat menganjurkan sekali, sampai-sampai para sahabat melatih anak-anak mereka untuk puasa `Asyuro.
Fase ketiga: Setelah diturunkannya kewajiban puasa Romadhon, beliau tidak lagi memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa `Asyuro, dan juga tidak melarang, dan membiarkan perkaranya menjadi sunnah (bahkan para ulama telah sepakat bahwa puasa `Asyuro sekarang hukumnya sunnah tidak wajib. Ijma`at Ibnu Abdil Barr 2/798, Abdulloh Mubarok al-Saif, Shohih Targhib wa Tarhib, al-Albani 1/438, Tuhfatul Ahwadzi, Mubarok Fury 3/524, Aunul Ma`bud, Syaroful Haq Azhim Abadi 7/121) sebagaimana hadits `Aisyah yang telah lalu.
Fase keempat: Pada akhir bayatnya, Nabi bertekat untuk tidak hanya puasa pada hari `Asyuro saja, namun juga menyertakan hari tanggal 9 `Asyuro agar berbeda dengan puasanya oran g Yahudi.
Ibnu Abbas berkata: “Ketika Nabi puasa `Asyuro dan beliau juga memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa. Para sahabat berkata: “Wahai Rosululloh, hari `Asyuro adalah hari yang diangungkan oleh Yahudi dan Nashoro!! Maka Rosululloh berkata: “Kalau begitu, tahun depan Insya Alloh kita puasa bersama tanggal sembilannya juga”. Ibnu Abbas berkata: “Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih dahulu”. [HR. Muslim: 1134]
Baca Lanjutannya: KEUTAMAAN PUASA ASYURO
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Kasih Komentarnya: